Sabtu, 24 September 2011

Macam-macam obat herbal

20 Jenis Penyakit

1.Asam Urat



Daun salam biasa dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sebagai pelengkap bumbu dapur. Pohon salam (Syzygium polyanthum) yang biasa tumbuh liar di hutan dan di pegunungan bisa mencapai ketinggian 25 meter dan lebar pohon 1,3 meter.Tumbuhan ini dapat ditemukan dari dataran rendah sampai pegunungan dengan ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut. Selain daun yang dipakai sebagai bumbu, kulit pohonnya biasa dipakai sebagai bahan pewarna jala atau anyaman bambu. Perbanyakan tumbuhan ini bisa dilakukan dengan biji, cangkok, atau stek.

Menurut Prof Hembing Wijayakusuma dalam bukunya Tumbuhan Berkhasiat Obat: Rempah, Rimpang, dan Umbi, pohon salam memiliki berbagai khasiat obat yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pohon salam bisa dimanfaatkan untuk mengatasi asam urat, stroke, kolesterol tinggi, melancarkan peredaran darah, radang lambung, diare, gatal-gatal, kencing manis, dan lain-lain. Kandungan kimia yang dikandung tumbuhan ini adalah minyak atsiri, tannin, dan flavonoida. Bagian pohon yang bisa dimanfaatkan sebagai obat adalah daun, kulit batang, akar, dan buah.

Mengatasi asam urat yang tinggi, 10 lembar daun salam direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat. Mengatasi stroke, 10 lembar daun salam dan 50 gram jantung pisang dibuat masakan sesuai selera lalu dimakan.

Bagi penderita kolesterol tinggi, 7 lembar daun salam dan 30 gram daun ceremai direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian arinya diminum secara teratur. Untuk melancarkan peredaran darah, 7 lembar daun salam dan 30 gram daun dewa segar direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 350 cc. Lalu ramuan disaring dan diminum sebanyak dua kali sehari.

Mengatasi radang lambung, 30 gram daun salam, 30 gram sambiloto kering, dan gula batu secukupnya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian airnya diminum untuk dua kali sehari. Lakukan secara teratur.
Untuk obat diare, 7 lembar daun salam direbus dengan 200 cc air selama 15 menit, tambahkan garam secukupnya. Setelah dingin disaring lalu airnya diminum. Ramuan lainnya, 7 lembar daun salam, 10 lembar daun jambu biji, 10 gram jahe, dan 1 buah kulit delima putih, dicuci bersih lalu ditumbuk halus. Tambahkan 200 cc air matang, disaring, lalu diminum.

Mengatasi gatal-gatal, daun atau kulit batang atau akar dicuci bersih lalu digiling hingga halus. Tambahkan minyak kelapa secukupnya, kemudian balurkan pada bagian yang sakit.

Sebagai obat kencing manis, 7 lembar daun salam dan 30 gram sambiloto direbus dengan 600 cc air sampai tersisa 200 cc. Setelah dingin disaring lalu diminum untuk dua kali sehari.


2.Obat Kolestrol



Kolesterol jahat selama ini memainkan peranan yang penting untuk menyumbatkan pembuluh darah. Akibat penyempitan pembuluh darah itu, seseorang bisa secara tiba-tiba terkena stroke atau jantung koroner. Periksa diri bila tubuh mulai terasa pegal-pegal atau kesemutan karena itu bisa menjadi awal adanya penyempitan pembuluh darah.

Upaya mengikis kolesterol jahat tak harus dengan obat-obatan modern. Karena buah dan sayuran yang sudah tak asing lagi bagi keluarga Indonesia, yaitu wortel dan alpukat ternyata memiliki khasiat yang bisa menggelontorkan kolesterol jahat dari dalam tubuh.
Kolesterol adalah unsur penting dalam cairan empedu yang mampu mencernakan lemak dalam semua membran, terutama sel-sel di otak dan sel-sel saraf. Bila berlebihan, kolesterol menimbulkan kerusakan. Kolesterol sendiri berasal dari lemak, yang merupakan zat berguna untuk menjalankan fungsi tubuh. Lemak yang termakan terdiri atas lemak jenuh dan lemak tak jenuh.

Lemak bersama karbohidrat di dalam tubuh akan diproses menjadi suatu senyawa yang disebut asetil koenzim-A. Dari asetil koenzim-A ini membentuk beberapa zat penting, seperti asam lemak, trigliserid, fosfolpid dan kolesterol.

Lemak di dalam darah terdiri atas beberapa jenis, yaitu kolesterol, trigliserida, fosfolipid, dan asam lemak bebas. Tiga jenis pertama saling berikatan disebut lipid-protein atau lipoprotein. Lipoprotein dibagi menjadi lima bagian, yaitu kilomikron, very low density lippoprotein (VLDL), intermediate density lipoprotein (IDL), low density lipoprotein (LDL), dan high density lipoprotein (HDL).

Dari kelima jenis itu yang penting diketahui adalah LDL, yang sering disebut kolesterol jahat karena efeknya yang arterogenik (mudah melekat pada dinding pembuluh darah), sehingga menyebabkan penumpukan lemak. Sementara HDL adalah kolesterol baik yang memiliki efek antiarterogenik.

Sejumlah tanaman obat terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol maupun trigliserid. Dijelaskan oleh dr Setiawan Dalimartha, ketua II PDPKT (Perhimpunan Dokter Indonesia Pengembang Kesehatan Tradisional Timur), alpukat membantu proses stabilisasi plak yang sudah terbentuk, sehingga tak mudah pecah.

Alpukat juga kaya serat dan asam lemak tak jenuh tunggal. Kandungan ini mampu menurunkan kadar trigliserid dan kolesterol darah yang tinggi.

Wortel juga mampu menghadang laju kolesterol darah. Tanaman ini mengandung alkaloid, flavonoid, protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, belerang, vitamin A, B, C dan D, juga betakaroten dan asam lemak tak jenuh ganda. Vitamin C pada tanaman ini berkhasiaat sebagai antioksidan yang melindungi kolesterol LDL dari proses oksidasi.

Lainnya yaitu buah belimbing manis, juga mengandung protein, lemak, kalsium, foffor, besi dan vitamin A, B dan C. Buah ini berkhasiat sebagai antiinflamasi, peluruh kencing (diuretik) dan peluruh air liur (sialagoga).

Berikut resep yang ditawarkan Drs Sudhaswadi Wiryodidagdo, Dosen Fakultas Farmasi Universitas Pancasila, Jakarta yang secara impiris turun-temurun sebagai penggelontor kolesterol.

Pertama, alpukat. Bahan: 1/2 - 2 buah alpukat matang. Pemakaian: buah alpukat dimakan begitu saja sebagai buah. Lakukan setiap hari.

Kedua, wortel. Bahan: 5 buah wortel segar ukuran sedang. Pemakaian: wortel dicuci bersih, lalu diblender atau diparut, kemudian diperas dan disaring. Minum airnya sekaligus, lakukan setiap hari.

Ketiga, jamur lingzhi. Bahan: 10 gram jamur lingzhi. Pemakaian: jamur lingzhi dipotong-otong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, airnya diminum sekaligus.

Keempat, rumput laut. Bahan: 30 gram rumput laut kering

Pemakaian: rumput laut digiling menjadi bubuk. Masukkan ke dalam cangkir, lalu seduh dengan air mendidih. Minum air tersebut setiap hari.

Kelima, belimbing manis. Bahan: 2 buah belimbing manis besar. Pemakaian: buah belimbing dimakan setelah makan pagi dan makan malam, masing-masing 1 buah.

Keenam, asam. Bahan: 12 gram daun asam segar. Pemakaian: daun asam dicuci bersih, lalu didihkan dengan air 1 gelas selama 15 menit. Setelah dingin, air disaring lalu diminum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari.

Ketujuh, bawang merah. Bahan: 20 gram bawang merah segar. Pemakaian: Bawang merah diiris tipis-tipis, dimakan bersama nasi. Lakukan 3 kali sehari dengan ukuran yang sama.

Kedelapan, bawang putih. Bahan: 1-2 siung bawang putih. Pemakaian: bawang putih diiris tipis-tipis atau dipipiskan dan dibuat bulatan kecil. Lalu ditelan. Lakukan 2 kali sehari.

Kesembilan, temulawak. Bahan: 3 jari rimpang temulawak segar. Pemakaian: Rimpang temulawak dikupas kulitnya, lalu diparut, tambahkan 3/4 cangkir air panas dan biarkan mengendap. Setelah dingin, endapannya dibuang, airnya diminum. Lakukan setiap hari.

Kesepuluh, buncis. Bahan: 30 gram buncis segar. Pemakaian: buncis dicuci bersih, lalu rebus. Setelah agak layu, buncis diangkat. Rebusan buncis ini dimakan bersama nasi.

Kesebelas, buah murbei. Bahan: 10 gram daun murbei segar. Pemakaian: Duan dicuci, lalu direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, Setelah dingin, disaring dan diminum. Lakukan setiap hari.

Keduabelas, seledri. Bahan: 30 gram akar seledri segar. Pemakaian: Akar seledri dicuci bersih, lalu direbus dengan 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring, minum sekaligus.

Ketigabelas, daun sirih. Bahan: 15 lembar daun sirih segar. Pemakaian: Daun dicuci bersih, lali direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring dan diminum sekaligus. Lakukan setiap hari.

3.Obat Demam



Banyak orangtua panik bila mendapati suhu tubuh anaknya di atas rata-rata atau sering disebut demam. Sebagai pertolongan pertama, umumnya diberikan obat penurun panas yang berbahan dasar kimia seperti golongan parasetamol, asam salisilat, ibuprofen, dan lain-lain. Jarang sekali orangtua yang langsung teringat memberikan obat-obatan tradisional.

Padahal, obat-obatan tradisional yang berasal dari tanaman obat ini tak kalah ampuhnya sebagai pengusir demam. Malah, obat-obatan tradisional memiliki kelebihan, yaitu toksisitasnya relatif lebih rendah dibanding obat-obatan kimia. Jadi, relatif lebih aman, bahkan tidak ada efek samping bila penggunaannya benar. Soalnya, kandungan tanaman obat bersifat kompleks dan organis sehingga dapat disetarakan dengan makanan, suatu bahan yang dikonsumsi dengan maksud merekonstruksi organ atau sistem yang rusak. Selain itu, harganya pun lebih murah.

Tiga Jenis Demam

Namun, sebelum mengenal lebih jauh tentang tanaman obat penurun panas, perlu dipahami lebih dulu pengertian demam. Demam pada anak dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:

1. Demam karena infeksi yang suhunya bisa mencapai lebih dari 38°C. Penyebabnya beragam, yakni infeksi virus (seperti flu, cacar, campak, SARS, flu burung, demam berdarah, dan lain-lain) dan bakteri (tifus, radang tenggorokan, dan lain-lain).

2. Demam noninfeksi, seperti kanker, tumor, atau adanya penyakit autoimun seseorang (rematik, lupus, dan lain-lain).

3. Demam fisiologis, seperti kekurangan cairan (dehidrasi), suhu udara yang terlalu panas, dan lain-lain.

Nah, dari ketiganya, hanya demam yang disebabkan oleh infeksi dan noninfeksi sajalah yang memerlukan obat penurun panas. Untuk mempercepat proses penurunan panasnya, selain ramuan tradisional yang diminum, dapat juga diberikan baluran atau kompres untuk membantu.

Akan halnya demam fisiologis, tak diperlukan obat-obatan penurun panas karena umumnya jarang melebihi 380°C. Untuk menurunkan suhu tubuh, cukup diberikan minum yang banyak dan diusahakan berada dalam ruangan berventilasi baik atau berpendingin.

Aneka Obat Tradisional Penurun Panas

Inilah beberapa pilihan obat penurun panas tradisional yang dapat dicoba. Penting diperhatikan, dosis yang tercantum pada ramuan berikut adalah dosis untuk orang dewasa. Bila ingin diberikan kepada anak, bacalah aturan dosis bagi anak dan sesuaikan dengan tingkatan usianya. (Lihat boks: Dosis Aman untuk Anak.)

1. Lempuyang Emprit (Zingiber amaricans)

Memiliki kandungan senyawa minyak atsiri, yaitu sekuiterpenketon yang bermanfaat untuk menurunkan panas. Umumnya yang digunakan adalah rimpangnya; warnanya putih kekuningan dan rasanya pahit.

Caranya: Cuci bersih 10 gram umbi lempuyang emprit. Parut dan tambahkan 1/2 gelas air panas, aduk rata. Setelah dingin, peras, ambil sarinya. Campur dengan 2 sendok makan (sdm) madu bunga kapuk, aduk rata. Berikan 3 kali sehari.

2. Kunyit (Curcuma longa)

Memiliki kandungan minyak atsiri, curcumin, turmeron dan zingiberen yang dapat bermanfaat sebagai antibakteri, antioksidan, dan antiinflamasi (anti-peradangan). Selain sebagai penurun panas, campuran ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Umumnya yang digunakan adalah rimpangnya; warnanya oranye.

Caranya: Cuci bersih 10 gram umbi kunyit. Parut dan tambahkan 1/2 gelas air panas, aduk rata. Setelah dingin, peras, ambil sarinya. Tambahkan dengan perasan 1/2 buah jeruk nipis. Campur dengan 2 sdm madu bunga kapuk, aduk rata. Bagi menjadi 3 bagian campuran madu dan kunyit ini, kemudian berikan 3 kali sehari.

3. Sambiloto (Andrographis paniculata)

Seluruh bagian tanamannya dapat digunakan. Memiliki kandungan andrografolid lactones (zat pahit), diterpene, glucosides dan flavonoid yang dapat menurunkan panas. Bahkan pada tahun 1991 pernah diadakan penelitian di Thailand bahwa 6 g sambiloto per hari sama efektifnya dengan parasetamol.

Caranya: Rebus 10 gram daun sambiloto kering, 25 g umbi kunyit kering (2,5 ibu jari), dan 200 cc air. Rebus hingga mendidih dan airnya tinggal 100 cc, kemudian saring. Setelah hangat, tambahkan 100 cc madu bunga kapuk atau mahoni, aduk rata. Bagi menjadi 3 bagian, berikan 3 kali sehari.

4. Pegagan (Centella asiatica L.)

Tumbuhan yang dikenal pula dengan nama daun kaki kuda ini tumbuh merayap menutupi tanah. Daunnya berwarna hijau dan berbentuk seperti kipas ginjal. Memiliki kandungan triterpenoid, saponin, hydrocotyline, dan vellarine. Bermanfaat untuk menurunkan panas, revitalisasi tubuh dan pembuluh darah serta mampu memperkuat struktur jaringan tubuh. Pegagan juga bersifat menyejukkan atau mendinginkan, menambah tenaga dan menimbulkan selera makan.

Caranya : Rebus 1 genggam pegagan segar dengan 2 gelas air hingga mendidih dan airnya tinggal 1 gelas. Bagi menjadi 3 bagian dan diminum 3 kali sehari.

5. Temulawak (Curcuma xanthorhiza Roxb.)

Penampilan temulawak menyerupai temu putih, hanya warna bunga dan rimpangnya berbeda. Bunga temulawak berwarna putih kuning atau kuning muda, sedangkan temu putih berwarna putih dengan tepi merah. Rimpang temulawak berwarna jingga kecokelatan, sedangkan rimpang bagian dalam temu putih berwarna kuning muda.

Temulawak memiliki zat aktif germacrene, xanthorrhizol, alpha betha curcumena, dan lain-lain. Manfaatnya sebagai antiinflamasi (antiperandangan), antibiotik, serta meningkatkan produksi dan sekresi empedu. Temulawak sejak dahulu banyak digunakan sebagai obat penurun panas, merangsang nafsu makan, mengobati sakit kuning, diare, mag, perut kembung dan pegal-pegal.

Caranya : Cuci bersih 10 gram rimpang temulawak. Parut dan tambahkan 1/2 gelas air panas, aduk rata. Setelah dingin, peras, ambil sarinya. Campur dengan 2 sdm madu bunga kapuk, aduk rata. Bagi menjadi 3 campuran madu dan temulawak, kemudian berikan 3 kali sehari.

6. Bawang merah (Allium cepa L.)

Bawang merah sering digunakan sebagai bumbu dapur. Memiliki kandungan minyak atsiri, sikloaliin, metilaliin, kaemferol, kuersetin, dan floroglusin.

Caranya: Kupas 5 butir bawang merah. Parut kasar dan tambahkan dengan minyak kelapa secukupnya, lalu balurkan ke ubun-ubun dan seluruh tubuh.

7. Daun kembang sepatu (Hibiscus rosa sinensis)

Selain daun kembang sepatu, Anda juga dapat memanfaatkan daun kapuk atau daun sirih. Kembang sepatu mengandung flavonoida, saponin dan polifenol. Daun kapuk mengandung flavonoida, saponin dan tanin. Daun sirih mengandung flavonoida, saponin, polifenol, dan minyak atsiri.

Caranya: Cuci bersih daunnya, keringkan dengan lap bersih, panaskan sebentar di atas api agar lemas. Remas-remas sehingga lemas, olesi dengan minyak kelapa, kompreskan pada perut dan kepala.

8. Meniran (Phyllanthus niruri L.)

Tinggi tanamannya mencapai 1 meter, tumbuh liar, daunnya berbentuk bulat tergolong daun majemuk bersirip genap. Seluruh bagian tanaman ini dapat digunakan. Memiliki kandungan lignan, flavonoid, alkaloid, triterpenoid, tanin, vitamin C, dan lain-lain. Bermanfaat untuk menurunkan panas dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Caranya: Rebus 1 genggam meniran segar dengan 2 gelas air hingga mendidih dan airnya tinggal 1 gelas. Bagi menjadi 3 bagian dan diminum 3 kali sehari.

9. Air kelapa muda

Air kelapa muda banyak mengandung mineral, antara lain kalium. Pada saat panas, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat untuk menurunkan suhu tubuh. Nah, untuk menggantikan keringat yang keluar, perbanyaklah minum air kelapa.

Dosis Aman untuk Anak

Penggunaan tanaman obat dengan dosis yang tepat tidak akan menimbulkan efek samping dan aman. Berikut dosis yang direkomendasikan untuk anak

4.Diabetes


Gejala awal diabetes adalah sering buang air kecil, rasa haus, lensa mata berubah bentuk sehingga pengllihatan menjadi kabur untuk sementara waktu, dan lain-lain.
Diabetes timbul ketidakmampuan mengubah glukosa menjadi tenaga. Ketika kadar gula dalam darah sudah terlalu tinggi, ginjal tidak mampu menyaring semua darah sehingga urine mengandung glukosa.

Pengobatan (Pilih salah satu resep di bawah ini ):

Ramuan Obat Tradisional diabetes 1 :

1 butir biji avokad dikeringkan setelah itu dijadikan bubuk. 5 gram bubuk avokad diseduh dengan 200 cc air.

Pemakaian : Minum ramuan 2 kali sehari

Ramuan Obat Tradisional diabetes 2 :

4 biji rambutan disangrai hingga kering kemudian ditumbuk halus. Setelah itu, bubuk biji rambutan direbus dengan air secukupnya.

Pemakaian : Minum selagi hangat, Konsumsi 2 kali sehari

Ramuan obat tradisional diabetes 3 :

2-3 sendok makan bubuk kedelai diseduh dengan air secukupnya, kemudian diminum.

Pemakaian : Konsumsi 2 kali sehari

Ramuan obat tradisioanl diabetes 4 :

30 gram rambut jagung dan 100 gram batang kangkung direbus dengan air secukupnya.

Pemakaian : Minum selagi hangat , Konsumsi 2 kali sehari

Ramuan 5 :

100 gram labu parang/labu kuning dan 100 gram labu bligo/labu tangkua ditim, kemudian dimakan.

Pemakaian : Konsumsi 2 kali sehari

Ramuan obat tradisional diabetes 6 :

10 lembar daul salam dan 30 gram daun ceplukan direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.

Pemakaian : Konsumsi 2 kali sehari

Ramuan obat tradisional diabetes 7 :

60 gram labu parang (labu kuning) dan 1 buah pare diiris-iris menurut selera lalu dimasak dengan cara ditumis atau masakan lain sesuai selera, kemudian dimakan.

Pemakaian : Konsumsi 2 kali sehari

Ramuan obat tradisional diabetes 8 :

2 buah apel , 1 buah avokad, 60 gram labu parang (labu kuning), dan 50 gram nanas dijus kemudian diminum.

Pemakaian : Konsumsi 2 kali sehari

Ramuan obat tradisional diabetes 9

Cuci bersih dan Rajang 4 gram umbi bawang merah, 15 gram buah buncis, 10 helai daun salam. Haluskan bahan, lalu campurkan dengan 120 ml air matang. Peras.

Pemakaian : Minum 1 kali sehari sebanyak 100 ml. Lakukan selama 14 hari.

Ramuan obat tradisioanal diabetes 10

Cuci bersih 1/3 genggam dau sambiloto, 1/3 genggam daun kumis kucing, 21 lembar mimba, dan 6 cm batang brotowali. Potong-potong bahan, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas.

Pemakaian : Minum setelah makan, sehari 2 kali, masing-masing 1 gelas.

Ramuan obat tradisioanal diabetes 11

Rebus 12 lembar daun kacapiring dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas.

Pemakaian : Minum sekaligus. Lakukan setiap hari.

Ramuan obat tradisioanal diabetes 12

Belah 1 buah jambu biji setengah matang menjadi 4 bagian, lalu rebus dengan 1 liter air sampai mendidih. Angkat dan setelah dingin disaring.

Pemakaian : Minum 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

Ramuan obat tradisioanal diabetes 13

Cuci bersih Tanaman ciplukan yang sudah berbuah dan dicabut beserta akarnya. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring.

Pemakaian : Minum sekaligus, 1 kali sehari.

Ramuan obat tradisioanal diabetes 14

Rebus 2 potong kulit batang jambu monyet dan adas pulawaras secukupnya dengan 2 liter air sampai mendidih. Setelah dingin, saring.

5.Batuk


Pergantian musim biasanya juga diikuti dengan perubahan cuaca. Jika kondisi fisik kita tidak prima maka kita akan gampang sakit sebagai akibat dari berbagai macam perubahan yang mengiringi pergantian musim seperti perubahan suhu udara dan sebagainya. Banyak penyakit yang biasa menyerang saat pergantian musim, batuk salah satunya.Batuk memang menjengkelkan, walau sekarang berbagai macam obat batuk bisa kita jumpai di mana-mana namun kadangkala obat batuk buatan pabrik tidak cukup ampuh untuh mengusir batuk yang diderita. Tidak ada ruginya jika kita mencoba memakai bahan-bahan sederhana yang ada di sekitar kita, selain lebih murah juga alami.

JERUK NIPIS DAN KECAP

Ambil jeruk nipis lalu belah menjadi dua, pada permukaan irisan kita tetesi dengan kecap sampai menutup seluruh permukaan irisan setelah itu dengan segera kucurkan ke dalam mulut kita sambil meremas kulit jeruk sehingga air jeruk yang bercampur kecap akan mengalir turun kedalam kerongkongan kita. Jika tidak terbiasa dengan cara seperti itu maka tuang saja kecap ke dalam sendok makan lalu beri perasan air jeruk nipis hingga penuh, setelah itu minum seperti syrup obat. Lakukan rutin 3 kali sehari sampai batuk sembuh.

JERUK NIPIS,MADU DAN KENCUR

Ambil kencur lalu kupas dan parut, setelah itu peras dan ambil airnya dengan disaring hingga mencapai kira-kira 15 sendok makan. Minum air kunyit itu dengan tambahan sedikit madu dan ditetesi air jeruk nipis. Minum 3 kali sehari hingga batuk membandel beserta lendir menhilang.

JERUK NIPIS, MADU DAN TELUR

Ambil satu butir ayam kampung diambil kuningnya, 2 sendok makan jeruk nipis dan 1 sendok makan madu. campur semua bahan lalu aduk jadi satu dan tambah lagi dengan 1/2 gelas air panas, minum selagi hangat. Lakukan sehari sekali sampai batuk sembuh. Disamping batuk hilang ramuan itu juga menambah stamina tubuh.

BELIMBING WULUH

Ambil 5 buah belimbing wuluh yang sudah masak, cuci bersih lalu potong-potong kemudian rebus dengan 1 liter air hingga tersisa 3 gelas air. Minum 1/2 gelas setiap pagi dan sore sampai batuk sembuh.

LABU SIAM

Ambil labu siam yang masih muda, kupas lalu cuci kemudian direbus. Makan begitu saja sebagai lalapan di saat kita makan pagi,siang dan sore. Mudah-mudahan batuk segera sembuh

KENCUR DAN ASAM JAWA

Jika batuk disertai dengan gatal-gatal di tenggorokan, walau leher digaruk sampai lecetpun tetep aja gatal gak hilang, ya iya lah karena gatalnya di dalam hehehe. Ambil kencur kira-kira satu genggam, cuci bersih lalu haluskan dengan blender,diparut atau ditumbuk. Tambahkan dengan asam jawa dan sedikit garam. Setelah itu peras dan saring airnya. Minum rutin 3 kali sehari, maka batuk gatal-gatal dan sakit tenggorokan akan sembuh dan tidak kambuh lagi.


6.Maag

Gejala:
Perut terasa perih dan mual akibat terlambat makan

Penyebab:
Pola makan tidak teratur.
Gangguan pencernaan / lambung

Bahan Obat:
Kacang hijau 1/4 kg

Pengolahan:
Kacang hijau dicuci bersih, kemudian dijemur / keringkan.
Setelah itu digoreng tanpa menggunakan minyak / sangrai hingga terlihat matang.
Setelah matang angkat dan tumbuk hingga halus.
Hasil tumbukan / bubuk kacang hijau tadi yang digunakan sebagai ramuan.
Setiap hari gunakan satu sendok makan bubuk kacang hijau tadi dicampur air putih segelas. Minum hingga sakit berangsur hilang /sembuh.

7.Masuk Angin


Masuk angin dapat disebabkan oleh kehujanan, kurang tidur, terkena angin malam, dan perut kosong atau pencernaan terganggu. Biasanya masuk angin merupakan gejala dari adanya penyakit lain seperti influenza, gangguan pencernaan atau malaria. Masuk angin merupakan gangguan umum yang dapat terjadi pada setiap orang. Gejala masuk angin adalah perut kembung, kepala pusing, berkeringat dingin, dan lain-lain. Biasanya masuk angin juga di iringi rasa mual dan terasa pahit jika lidah mengecap makanan. Pengobatan (Pilih salah satu ramuan obat tradisional di bawah ini): Ramuan Obat Tradisional 1 : 200
gram ubi merah ( dikupas dan di potong- potong), 15 gram jahe merah/jahe biasa, 1
butir biji pala (dimemarkan), 5 butir cengkeh, 10 butir kapulaga, 1 ibu jari kayu manis, 10 butir merica, dan gula merah secukupnya direbus dengan air secukupnya. Tunggu hingga airnya hangat lalu diminum dan ubinya dimakan. Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari. Ramuan Obat Tradisional 2 : 25
gram kencur, 15 gram jahe, dan 3 butir kapulaga direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Tunggu hingga air rebusannya hangat lalu diminum. Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari. Ramuan Obat Tradisional 3 : 2
pilah daun pepaya dicuci bersih lalu direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Tunggu hingga air rebusannya hangat lalu diminum. Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari. Ramuan Obat Tradisional 4 : 80
gram daun lidah buaya, 15 gram jahe, 20 gram kencur, dan 25 gram temu lawak direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc kemudian diminum selagi hangat. Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari. Ramuan Obat Tradisional 5 : Rebus dalam 600 ml air bahan yang terdiri dari : 30 gram lengkuas yang telah diiris-iris, 20 gram jahe yang telah diiris-iris, 2 batang serai, 10 butir cengkih, 6 butir kapulaga, dan gula aren secukupnya. Rebus hingga tersisa 300 ml, lalu saring. Pemakaian : Minum hangat- hangat, 2 kali sehari. Ramuan Obat Tradisional 6 : Rebus bahan-bahan yang terdiri dari : 25 gram lempuyang yang telah diiris- iris, 25
gram bangle, 5 gram pala yang telah ditumbuk halus, dan 1 sendok teh lada yang telah ditumbuk halus. Bahan direbus dalam 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Pemakaian : Minum hangat- hangat, 2 kali sehari. Ramuan Obat Tradisional 7 : Siapkan bahan yang terdiri dari : 5 buah cabai jawa, 10 gram daun mint, 10 gram kulit jeruk purut, 25 gram temulawak. Bahan-bahan direbus dengan 600 ml air, hingga tersisa 300 ml air lalu disaring Pemakaian : minum hangat- hangat, 2 kali sehari.


8.Leukimia


Leukemia adalah kanker yang terjadi pada sel darah putih (leukosit). Sel darah putih (leukosit) adalah salah satu jenis sel darah yang bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dari serangan infeksi jamur, virus, parasit dan bakteri. Namun pada penderita leukemia, sumsum tulang menghasilkan sejumlah besar sel darah putih yang abnormal yang tidak berfungsi dengan baik.

Penyebab leukemia

Para ilmuwan dan dokter masih belum menemukan penyebab pasti dari leukemia, diduga penyebab leukemia adalah kombinasi faktor lingkungan dan genetik.

Faktor resiko leukemia

Berikut faktor – faktor yang meningkatkan resiko menderita leukemia yaitu :

1. Mendapat pengobatan kanker sebelumnya. Orang yang telah mendapat pengobatan kemoterapi dan radio terapi untuk pengobatan kanker tertentu sangat beresiko menderita leukemia.
2. Penyakit keturunan. Genetik yang abnormal memainkan peranan yang penting dalam perkembangan leukemia. Penyakit keturunan tertentu seperti down syndrome meningkatkan resiko leukemia.
3. Kelainan darah tertentu. Orang yang menderita kelainan darah tertentu seperti myelodysplastic syndromes, mungkin meningkatkan resiko leukemia.
4. Terkena paparan radiasi tingkat tinggi. Orang yang terkena radiasi tingkat tinggi seperti kecelakaan reaktor nuklir dapat meningkatkan resiko terkena leukemia.
5. Terkena paparan bahan kimia tertentu. Paparan bahan kimia tertentu seperti benzene sangat beresiko menderita leukemia
6. Merokok. Merokok sangat beresiko menderita acute myelogenous leukemia (AML).
7. Riwayat menderita leukemia dalam keluarga. Jika salah satu anggota keluarga menderita leukemia, maka anggota keluarga yang lain beresiko menderita leukemia.
8. Jenis dan tipe leukemia

Jenis pertama dari klasifikasi leukemia adalah dengan seberapa cepat leukemia berlangsung, yaitu leukemia akut dan leukemia kronis :

1. leukemia akut. Pada leukemia akut, sel-sel darah abnormal yang belum matang berkembang biak dengan cepat sehingga jumlahnya sangat banyak. Jumlah sel darah abnormal yang banyak dan tidak bisa berfungsi dengan baik dan bersifat agresif menyebabkan efek buruk bagi penderita.
2. leukemia kronis. Perkembangan leukemia kronis bersifat lambat bahkan berlangsung bertahun – tahun tanpa gejala. Sel – sel darah putih abnormal berkembang dengan lambat dan awalnya berkembang berfungsi normal untuk jangka waktu tertentu

Jenis-jenis utama leukemia adalah :

1. Acute lymphocytic leukemia (ALL). Ini adalah tipe jenis leukemia yang banyak terjadi pada anak –anak namun dapat terjadi juga pada orang dewasa.
2. Acute myelogenous leukemia (AML). AML adalah jenis yang paling umum terjadi pada anak – anak maupun orang dewasa.
3. Chronic lymphocytic leukemia (CLL). CLL adalah leukemia yang paling umum terjadi pada orang dewasa dan penderita umumnya merasa sehat walaupun tanpa pengobatan. CLL jarang terjadi pada anak – anak.
4. Chronic myelogenous leukemia (CML). leukemia jenis ini terutama mempengaruhi orang dewasa . Seseorang dengan CML mungkin memiliki sedikit atau tidak ada gejala selama berbulan-bulan atau tahun sebelum memasuki fase di mana sel-sel leukemia tumbuh lebih cepat.

Gejala dan tanda leukemia

Gejala dan tanda leukemia, tergantung pada jenis leukemia. Tanda-tanda dan gejala leukemia meliputi :

1. Demam atau merasa menggigil
2. Kelelahan dan kelemahan terus menerus
3. Sering mengalami infeksi
4. Kehilangan berat badan tanpa latihan atau olahraga
5. kelenjar getah bening yang membengkak, hati atau limpa membesar
6. Mudah terjadi perdarahan atau memar
7. Bintik-bintik kecil merah di kulit ( petechiae )
8. Berkeringat berlebihan, terutama pada malam hari
9. Rasa sakit atau nyeri tulang

Diagnosa leukemia

Untuk mendignosa leukemia diperlukan beberapa tes yaitu :

1. Pemeriksaan Fisik. Dokter mencari tanda-tanda fisik leukemia seperti kulit pucat karena anemia dan pembengkakan kelenjar getah bening, hati dan limpa .
2. Pemeriksaan darah. Dengan melihat contoh darah, dokter akan menentukan tingkat abnormal dari sel darah putih atau limfosit.
3. Pemeriksaan sumsum tulang (biopsi). Dokter akan merekomendasikan untuk mengambil sampel sumsum tulang dari tulang pinggul. Sampel dikirim ke laboratorium untuk mencari sel-sel leukemia.

Terapi dan obat – obatan leukemia

Pengobatan leukemia tergantung dari berbagai macam faktor. Pengobatan leukemia berdasarkan umur dan kondisi kesehatan secara keseluruhan serta jenis leukemia. Terapi dan obat – obatan leukemia termasuk :

1. Kemoterapy. Kemoterapy merupakan pengobatan utama untuk leukemia. Kemoterapi menggunakan bahan kimia untuk membunuh sel – sel leukemia. Obat kemoterapy dapat tunggal atau kombinasi.
2. Terapi biology. Terapi biologi membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan sel – sel leukemia.
3. Radio terapy. Radio terapi menggunakan sinar X atau energy tingkat tinggi untuk sel – sel leukemia dan menghambat pertumbuhan sel – se leukemia.
4. Transplantasi sel induk. Prosedur ini menggunakan prinsip mengganti sumsum tulang yang rusak dengan sumsum tulang yang sehat.

Obat tradisional – herbal leukemia

Obat tradisional atau herbal untuk leukemia adalah keladi tikus, mahkota dewa, temu putih, jus kulit manggis dan jus mengkudu. Kelima jenis herbal tersebut merupakan herbal asli indonesia yang sangat terkenal dalam membasmi segala jenis kanker termasuk leukemia. Kelima jenis herbal tersebut dalam pemakaiannya dapat dikombinasikan maupun tunggal.

9.Asma


Asma adalah penyakit penyempitan saluran pernapasan sementara waktu sehingga menjadi sulit bernapas. Gejala asma ditandai napas yang berat/sesak napas disertai napas berbunyi hingga terjadi kegagalan pernapasan yang membahayakan.

Saat menarik napas, tekanan dalam dada menurun sehingga udara dapat masuk. Berkurangnya tekanan membantu mempertahankan agar saluran pernapasan tetap terbuka. Saat menghembuskan napas, tekanan di dalamnya meningkat sehingga mempengaruhi dinding saluran pernapasan dan cabang-cabangnya sehingga menjadi pipih. Keadaan ini menyebabkan saluran pernapasan menjadi sempit sehingga sulit menghembuskan napas. Hal inilah yang menyebabkan penderita asma mengalami kesulitan saat menghembuskan napas, yang biasanya disertai timbulnya suara.

Asma merupakan salah satu gangguan yang dapat disebabkan oleh faktor genetik atau karena alergi. Serangan dapat terjadi karena penderita menghirup serbuk sari ataupun debu rumah. Akan tetapi, kadang-kadang serangan dapat terjadi tanpa diketahui penyebabnya secara pasti. Serangan biasanya didahului oleh adanya infeksi pernapasan yang parah.

Hal-hal yang dapat memperburuk serangan asma antara lain: Tekanan emosional, kelelahan, bau-bauan, asap rokok, perubahan suhu, kelembapan, dan lain-lain.

Pengobatan (Pilih Salah satu ramuan di bawah ini):

Ramuan 1 :

15 gram bunga kenop segar direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.

Pemakaian : Konsumsi secara teratur 2 kali sehari

Ramuan 2 :

30 gram akar putri malu/sikejut direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.

Pemakaian : Konsumsi secara teratur 2 kali sehari

Ramuan 3 :

Lobak putih secukupnya dijus hingga tertampung 1 mangkok, lalu ditim dan diminum.

Pemakaian : Konsumsi secara teratur 2 kali sehari

Ramuan 4 :

Irisan jahe setebal 3 mm ditempelkan dengan menggunakan koyo hangat/koyo cabe pada titik dazhui.

Pemakaian : Konsumsi secara teratur 2 kali sehari

Ramuan 5 :

15 gram bunga melati direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.

Pemakaian : Konsumsi secara teratur 2 kali sehari

Ramuan 6 :

60 gram rumput jukut pendul direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.

Pemakaian : Konsumsi secara teratur 2 kali sehari

Ramuan 7 :

15 gram bunga melati dan 15 gram jahe direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat sebanyak ½ gelas

Pemakaian : Konsumsi secara teratur 2 kali sehari

Ramuan 8 :

10 lembar daun kecubung diiris-iris dan dijemur sampai kering.

Pemakaian : gunakan untuk merokok dengan bungkus kelobot jagung.

Ramuan 9 :

3 siung bawang putih ditumbuk halus, lalu dicampur dengan 1 sendok makan madu, dan gula batu secukupnya. Dicampur sampai merata, kemudian campuran diperas dan disaring.

Pemakaian : Minum setiap pagi sampai sembuh.

Ramuan 10 :

5 gram akar brojo lintang, 3 gram kayu masoyi, 2 helai daun sirih segar, 5 gram herba patikan kebo segar dan 110 ml air dibuat infus.

Pemakaian : Minum 1 kali sehari sebanyak 100 ml selama 14 hari. Untuk menjaga kesehatan, pengobatan dilakukan selama 2 kali seminggu dan setiap kali meminum ramuan sebanyak 100 ml.

Ramuan 11 :

Seduh 10 tetes minyak adas dengan 1 sendok makan air panas.

Pemakaian : Minum selagi hangat dan lakukan 3 kali sehari sampai sembuh.

Ramuan 12 :

Cuci bersih 10 gram pegagan kering, 20 gram patikan kebo kering, dan 20 gram daun sendok kering. Rebus dengan 5 gelas air hingga hanya tersisa 3 gelas air.

Pemakaian : Minum 3 kali sehari. Minum masing-masing satu gelas, satu jam sebelum makan atau dua jam setelah makan.

10.Jantung


Jantung koroner merupakan salah satu penyakit pembunuh yang paling ditakuti di seluruh dunia. Biasanya penyakit ini dialami oleh orang berusian produktif dan menyerang secara mendadak hingga menimbulkan kematian.

A Penyebab Jantung Koroner

Penyakit ini disebabkan oleh adanya penyempitan dan penyumbatan di pembuluh arteri koroner. Hal ini disebabkan oleh penumpukan zat-zat lemak (kolesterol, trigliserida) di dinding pembuluh nadi bagian paling bawah (endotelium).
Setelah lemak menumpuk, aliran darah akan tersumbat dan tak mampu menuju jantung sehingga mengganggu kerja jantung dalam memompa darah. Efek yang paling dirasakan adalah hilangnya pasokan oksigen dan nutrisi menuju jantung karena aliran darah ke jantung berkurang.

B. Gejala-gejala penyakit jantung koroner

1. Dada terasa sakit dan menekan
2. Pusing kepala yang berkepanjangan
3. Merasa sekujur tubuhnya terbakar tanpa sebab yang jelas
4. Terjadi keluhan di sekitar tulang dada dan leher
5. Tapi kebanyakan orang yang menderita penyakit jantung koroner tidak mengalami beberapa gejala di atas. Tiba-tiba saja jantung si penderita bermasalah dan dalam kondisi yang kronis.

C. Hal-hal yang memicu penyakit jantung koroner :

1. Merokok dalam jumlah yang banyak dan selama bertahun-tahun
2. Konsumsi makanan yang berlemak atau berkolesterol tinggi
3. Hipertensi yang telah diderita
4. Diabetes mellitus juga memancing timbulnya penyakit jantung koroner
5. Obesitas
6. Kurang beraktivitas dan berolahraga
7. Minum minuman beralkohol
8. Penyalahgunaan obat (narkoba)

D. Fakta-fakta tentang penyakit jantung koroner

1. Jantung koroner adalah penyakit pembunuh nomor satu di Amerika Serikat yang menyerang baik lelaki maupun perempuan
2. Setiap tahun di AS, lebih dari setengah juta orang meninggal akibat penyakit jantung koroner
3. Kematian akibat jantung koroner bisa dicegah dikarenakan penyakit ini berhubungan dengan gaya hidup. Jika masyarakat baik dan sehat dalam hidup dipastikan terbebas dari penyakit jantung koroner
4. Perawatan bagi penderita penyakit jantung koroner membutuhkan waktu yang sangat lama dan kontinu.

E. Pencegahan Penyakit Jantung Koroner

1. Gaya hidup seimbang dan menghindari risiko stres sangat dibutuhkan agar seseorang tidak terkena penyakit jantung koroner.
2. Mengonsumsi makanan sehat dan berserat tinggi. Kurangi makanan yang berlemak dan berkolesterol tinggi agar tidak terjadi kegemukan.
3. Segera berhenti merokok. Merokok menyebabkan elastisitas pembuluh darah berkurang sehingga meningkatkan pengerasan pembuluh darah arterin yang memicu stroke.
4. Mengurangi atau menghindari minuman beralkohol
5. Olahraga yang teratur
6. Hindari penggunaan obat-obatan terlarang

F. Tes untuk memastikan apakah seseorang memiliki penyakit jantung koroner

Tidak ada ukuran yang pasti untuk mengetahui penyakit jantung koroner. Tapi beberapa jenis tes berikut dapat memberikan gambaran apakah seseorang mengidap penyakit jantung koroner.

1. Electrocardiogram
2. Stress test
3. Nuclear scanning
4. Coronary angigraphy

G. Beberapa jenis tumbuhan yang bisa mencegah dan mengatasi penyakit jantung koroner

1. Buah Manggis ( dibuat obat salah satunga obat tradisional jantung koroner)
2. Daun mahkota dewa
3. Mengkudu
4. Bawang putih
5. Jamur kuping hitam
6. Bunga mawar
7. Siantan

11.Rematik

Rematik atau Reumatik adalah penyakit yang menyerang persendian. Selain menyerang persendian, penyakit rematik juga menyerang otot dan urat.

Penyebab rematik salah satunya adalah masalah kekebalan tubuh yang berbalik menyerang jaringan persendian. Hal ini mengakibatkan tulang rawan di sekitar sendi menipis dan membentuk tulang baru. Pada saat tubuh digerakkan, tulang-tulang di persendian bersinggungan sehingga memicu rasa nyeri.

Gejala rematik diataranya: nyeri persendian setelah beraktivitas, nyeri pada saat cuaca berubah dari panas ke dingin, peradangan dan hilangnya fleksibilitas sendiri, sendi terlihat kemerahan dan terasa panas, sendi kaku di pagi hari, sendi bengkak, gerak terbatas, dan nyeri persendian.

Pengobatan pada penderita rematik secara umum ditujukan untuk menghilangkan / mengurangi rasa nyeri, menghilangkan gejala inflamasi (peradangan), dan mencegah terjadinya deformitas (perubahan bentuk) dan memelihara fungsi persendian agar tetap dalam keadaan baik.

Obat Tradisional Rematik 1:
Bahan-bahan :
- Daun Sendok segar (5 lembar)
- Kapur (1 Sendok makan)

Cara Pemakaian:
Campurkan daun sendok segar dengan kapur, kemudian letakan diatas bagian yang sakit, (tebalnya sekitar 5 mm). Ganti ramuan tersebut tiap 1 hari 1 malam.

Obat Tradisional Reumatik 2:
Bahan-bahan :
- Daun Kumis Kucing (4-5 lembar)
- Tanaman Meniran (4-5 buah)
- Air (3 gelas)

Cara Pemakaian:
Rebus semua bahan obat rematik diatas dalam 3 gelas air, hingga tersisa 1,5 gelas. Setelah dingin, minum air ramuan rematik tersebut 3 kali sehari (masing-masing setengah gelas).

12.Wasir


Wasir atau bawasir atau abeien atau Hemoroid adalah penyakit dimana urat darah menggembung dalam rectum (bagian akhir dari usus besar). Acap kali wasir itu menonjol keluar dari rectum dan dapat dirangsang oleh buang air besar yang keras atau bebal. dalam artikel di wikipedia indonesia
disebutkan :

Wasir, atau sering disebut ambeien (dalam bahasa Inggris Hemoroid) adalah penyakit pada anus dimana Sphinchter Ani atau bibir anus, mengalami pembengkakan yang terkadang disertai pendarahan. Dalam beberapa kasus, wasir atau ambeien disebabkan oleh kesalahan dalam melakukan gerakan pada olahraga tertentu misalnya pada olahraga angkat beban atau olahraga pernapasan, terlalu banyak duduk atau faktor genetika (keturunan).


Gejala-gejala wasir itu adalah :Wasir bisa mengeluarkan darah, terutama setelah buang air besar, sehingga tinja mengandung darah atau terdapat bercak darah di handuk/tisu kamar mandi. Darahnya bisa membuat air di kakus menjadi merah. Tetapi jumlah darah biasanya sedikit dan wasir jarang menyebabkan kehilangan darah yang berat atau anemia.

hemoroid/ambeienWasir yang menonjol keluar mungkin harus dimasukkan kembali dengan tangan perlahan-lahan atau bisa juga masuk dengan sendirinya. Wasir dapat membengkak dan menjadi nyeri bila permukaannya terkena gesekan atau jika di dalamnya terbentuknya pembekuan darah.
Kadang wasir bisa mengeluarkan lendir dan menimbulkan perasaan bahwa masih ada isi rektum yang belum dikeluarkan. Gatal pada daerah anus (pruritus ani) bukan gejala dari wasir. Rasa gatal bisa terjadi karena sulit untuk menjaga kebersihan di daerah yang terasa nyeri ini.

Resep Obat Kuno dan Tradisional Wasir atau Ambeien

Ada beberapa resep obat tradisional dan kuno untuk obat sakit wasir atau ambeien ini. selain resep obat luar/oles, ada beberapa resep obat tradisional untuk di minum. Resep obat kuno dan tradisionalnya adalah :
1. Obat Luar
Tembakau yang baik sebesar kemiri, di rendam dalam air bersih selama 1 menit, lalu sumbatkan ke dalam lubang dubur tiap2 malam ketika akan tidur
2. Obat luar untuk melumas
Bawang merah 3 butir, digiling halus dengan dibubuhi belerang 1 sendok teh, lalu diremas dengan minyak kelapa bersih 1,5 sendok makan. Lumaskan disekitar bagian dubur yang sakit. 2 kali sehari secukupnya

Obat untuk diminum (pilih salah satu)
1. Lempuyang 2 jari diparut diberi air masak 1/2 gelas dan sedikit garam, peras dan disaring. Minum 2 kali sehari secukupnya
2. Tumbuhan kaki kuda 10 helai daunnya + akarnya 10 jari + Batangnya 8 jari + bunganya 10 kuntum. Rebus semua dengan air 4 gelas hingga tinggal setengahnya, lalu disaring. Minum 2 kali sehari 2 gelas
3. Daun patikan cina 1/3 genggam + daun patikan kerbau 1/3 genggam + kunyit 2 jari + gula enau secukupnya. Semua ditumbuk seperlunya. Masak dengan air 4 gelas hingga tinggal setengahnya, saring. Minum 2 kali sehari 1 gelas.

13.Polip


Apabila dalam lubang hidung Anda tumbuh daging kecil yang semakin lama semakin membesar, maka berhati-hatilah karena hal se­perti itu adalah pertanda bahwa Anda telah terkena penyakit polip yang kalau dibiarkan saja lama-lama akan menyumbat lubang hidung.

Menurut ilmu kedokteran, untuk menyembuhkan atau menghi­langkan polip ini haruslah dilakukan dengan jalan operasi, yaitu de­ngan memotong daging yang tumbuh tersebut.

Namun apabila Anda takut untuk menjalankan operasi atau ti­dak punya biaya yang cukup,. Anda bisa mencoba resep berikut:

1. 20 butir cengkeh.
2. 10 lembar daun sirih.
3. 6 heiai daun serai,
4. Jahe secukupnya, dan
5. Air perasan jeruk nipis.

Caranya :

1. Air jeruk nipis direbus bersama-sama dengan semua bahan yang drsebutkan diatas sampai mendidih.

2. Biarkan airnya menyusut sampai kira-kira tinggal 1/2 cangkir. Setelah itu disaring lalu diminum airnya bila sudah dingin.

3. Lakukan hal ini setiap pagi selama 1 bulan berturut-turut.

14.Varises


Penyakit varises adalah pelebaran pembuluh darah vena. Pembuluh darah vena berfungsi mengangkut darah, sisa metabolisme dari seluruh jaringan tubuh dan kembali ke jantung. Varises sangat mengganggu penampilan karena berwarna kebiru – biruan yang terletak pada betis. Varises dapat terjadi dimana saja pada bagian tubuh, pada kaki, tangan, esophagus, scrotum dan vulva. Kali ini kita akan membahas tentang varises pada kaki.

Penyebab varises

Penyebab utama varises adalah lemah/rusaknya katup pembuluh vena. Pada pembuluh vena terdapat katup – katup yang berfungsi untuk menahan agar darah tidak turun/bergerak mundur. Dengan adanya katup pada pembuluh vena menyebabkan darah akan terus mengalir ke arah jantung. Katup yang rusak atau lemah akan membuat darah bergerak mundur yang mengakibatkan darah berkumpul di dalam dan menyebabkan gumpalan yang mengganggu aliran darah yang disebut sebagai varises.

Faktor resiko varises

Faktor resiko varises adalah faktor yang mendukung terjadinya varises atau faktor – faktor yang menjadi pemicu varises. Faktor resiko varises adalah :

1. Faktor genetik/keturunan. Varises yang terjadi pada usia muda dan tidak diketahui penyebabnya kemungkinan besar varises tersebut disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan.
2. Kehamilan. Kehamilan menyebabkan berat badan bertambah yang akan membebani kaki dan pembuluh darah vena yang mengakibatkan aliran darah dari kaki terhambat.
3. Umur. Semakin tua umur semakin beresiko menderita varises karena semakin tua elastisitas pembuluh darah termasuk pembuluh darah vena semakin berkurang.
4. Seks. Wanita cenderung untuk menderita varises dibandingkan dengan pria karena perubahan hormonal selama kehamilan , atau menopause premenstruation bisa menjadi faktor penyebab varises. Terapi pengganti hormon dan pil KB dapat memicu varises. Hormon wanita cenderung untuk melemahkan dinding pembuluh darah vena.
5. Terlalu lama berdiri. Terlalu lama berdiri menyebabkan kaki terlalu lama menahan beban tubuh yang mengakibatkan beban pembuluh darah vena bertambah berat, akibatnya vena mengalami pelebaran.
6. Memakai sepatu hak terlalu tinggi. Memakai sepatu dengan hak tinggi menyebabkan otot tumit tidak dapat bekerja secara maaksimal membantu pembuluh darah vena.
7. Obesitas. Kelebihan berat badan akan membuat beban pembuluh darah vena semakin tinggi sehingga beresiko menderita varises.

Gejala dan tanda varises

Gejala dan tanda – tanda yang terdapat pada varises adalah :

1. Pembuluh darah vena akan menonjol di permukaan kulit yang berwarna ungu atau biru gelap biasa tampak seperti tali sepatu, paling sering muncul pada betis bagian belakang. Jika varises sudah kronik maka akan tampak pembuluh darah vena yang menyerupai jaring laba – laba (spider navy).
2. Varises juga dapat terbentuk di tempat-tempat lain di kaki mulai dari pangkal paha ke pergelangan kaki. Gejala – gejala varises yang dirasakan adalah :
3. Perasaan pegal dan berat pada kaki
4. Rasa terbakar, kram, berdenyut dan bengkak pada kaki bagian bawah
5. Nyeri pada kaki semakin bertambah jika berdiri terlalu lama.
6. Kadang – Kadang diikuti dengan luka di sekitar mata kaki yang sulit sembuh.
7. Kaki bengkak karena adanya bendungan pembuluh darah vena.
8. Pada varises yang telah kronik, pada betis bagian belakang akan tampak urat – urat kebiruan dan berkelok – kelok.

Komplikasi varises

Varises jarang menimbulkan komplikasi. Adapun komplikasi yang dapat terjadi pada varises adalah :

1. Ulkus atau borok. Ulkus atau borok sering terjadi terutama pada daerah dekat mata kaki.
2. Gumpalan darah. Jika varises semakin membesar maka akan terbentuk gumpalan – gumpalan darah yang disebut sebagai thrombophlebitis. Selanjutnya kaki akan semakin membengkak akibat gumpalan – gumpalan darah yang membutuhkan penanganan medis.

Penanganan dan obat varises

Untuk penanganan dan obat varises, dokter dapat melakukan operasi (pembedahan), obat oral atau obat suntik yang tergantung dari berat ringannya varises. Pengobatan varises adalah :

1. Memakai stoking kompressi. Stoking kompressi memiliki berbagai macam ukuran dan kekuatan penekanan. Stoking kompressi bermanfaat untuk memperbaiki pembengkakan, pertukaran nutrisi, dan meningkatkan mikrosirkulasi pada kaki yang terdapat varises. Selain itu bermanfaat untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan akibat penyakit ini. Memakai stoking kompresi harus kuat tapi tidak selalu harus ketat. Jika dengan memakai stoking kompresi, varises tidak mengalami penyembuhan maka harus dipertimbangkan pengobatan yang lain.
2. Sclerotherapy . Dalam prosedur ini, dokter menyuntikkan obat kedalam varises yang akan membuat varises menyusut. Obat yang sering digunakan adalah golongan sklerosan seperti polidocanol (POL) and sodium tetradecyl sulphate (STS). Sclerotherapy telah digunakan untuk mengobati varises selama 150 tahun.
3. Bedah laser. Dokter menggunakan teknologi baru yaitu bedah laser untuk menutup pembuluh darah varises yang kecil dan varises yang menyerupai sarang laba-laba.
4. Endovenous thermal ablation. Endovenous thermal ablation adalah metode pengobatan varises yang tergolong efektif untuk jangka pendek maupun untuk jangka panjang namun tidak semua dokter dapat melakukan teknik ini karena harus kursus dan memiliki peralatannya yang lumayan mahal.
5. Vein stripping. Vein stripping adalah membuang sebagian atau keseluruhan vena varises. Ini merupakan prosedur rawat jalan bagi kebanyakan orang.
6. Ambulatori phlebectomy. Dokter akan menghilangkan varises yang lebih kecil melalui serangkaian tusukan kecil pada kulit. Hanya bagian kaki Anda yang ditusuk yang mati rasa dalam prosedur ini dan umumnya parut yang terjadi minimal.

Obat tradisional – herbal varises

Obat herbal yang dapat digunakan untuk varises adalah herbal yang berfungsi meningkatkan dan memperlancar aliran darah. Obat herbal tersebut adalah bawang merah, bawang putih, bawang bombay, jahe, ginko biloba dan cabai merah. Obat herbal tersebut dapat anda makan langsung pada saat anda makan seperti bawang merah, bawang putih dan cabai merah. Suplemen ginko biloba dapat anda beli di apotik dan sudah tersedia dalam bentuk kapsul. Suplemen Ginko biloba memiliki efek samping yaitu darah yang terlalu encer jika dikonsumsi dalam jangka panjang karena itu sebelum makan ginko biloba anda konsultasi dulu dengan dokter dan selama makan ginko biloba anda harus rajin cek darah. Adapun bawang merah, bawang putih dan cabai merah tidak memiliki efek samping walaupun di makan dalam jangka panjang. Susu kedelai mengandung tinggi lesitin dan antioksidan flavonoid yang sangat membantu memperlancar aliran darah.

Cara mencegah dan menghilangkan varises di kaki

1. Jika anda mengalami obesitas maka turunkan berat badan anda hingga mencapai berat badan ideal.
2. Perbanyak makanan dan minuman yang mengandung antioksidan tinggi seperti sayur – sayuran hijau, buah apel, wortel dan jeruk. Dianjurkan minum susu kedelai karena mengandung tinggi flavonoid yang mengandung antioksidan, vitamin B kompleks, vit C, vit E, vit B6, magnesium, asam folat, kalsium dan zinc yang sangat bermanfaat untuk mencegah dan membantu pemulihan pembuluh darah vena.
3. Jangan berdiri terlalu lama. Jika pekerjaan anda dituntut untuk berdiri lama maka usahakan tidak diam namun sekali – sekali anda berjalan agar otot anda tidak statis (diam) dan sekali – kali anda duduk istirahat.
4. Mengganti sepatu hak tinggi dengan sepatu yang hak rendah, jika diperbolehkan pakailah sepatu tanpa hak.
5. Hindari kaos kaki dan stocking yang terlalu ketat.
6. Rajin berolahraga yaitu olahraga yang menggunakan kaki sebagai tumpuan seperti berjalan cepat, jogging, bersepeda dan renang minimal 30 menit/hari.
7. Pada saat tidur, tinggikan kaki anda, lebih tinggi dari posisi pinggul atau jantung anda. Posisi kaki yang lebih tinggi dari jantung akan memudahkan aliran darah vena kembali ke jantung.
8. Selesai beraktivitas atau bekerja, kaki diluruskan (jangan ditekuk) kemudian anda baring, angkatlah kaki sekitar 20 cm agar lebih tinggi dari posisi jantung selama 20 menit. Tahan kaki anda dengan bantal atau apa saja agar anda rileks.
9. Kurangi konsumsi garam dan makan yang mengandung kolesterol tinggi.
10. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah berserat tinggi dan makanan yang dapat merangsang sirkulasi darah, seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombay, jahe dan cabai merah. Juga makanan yang kaya dengan vitamin B kompleks, vit C, vit E, vit B6, magnesium, asam folat, kalsium dan zinc seperti gandum dan kacang kedelai (susu kedelai).
11. Jangan memijat daerah yang bervarises, karena dapat menyebabkan pembuluh vena pecah. Lakukan pemijatan ringan dan lembut pada daerah yang rawan mengalami varises secara ringan dan teratur dari arah bawah ke atas (ke arah jantung) dengan menggunakan balsam atau minyak urut. Tujuan dari pemijatan pada daerah kaki yang rawan varises adalah untuk membantu melancarkan aliran darah pada kaki tersebut.

15.Lever

Penyakit lever atau biasa disebut dengan penyakit kuning, adalah penyakit yang menyerang hati manusia. Orang menyebut penyakit ini dengan sebutan penyakit kuning mungkin karena diantara tanda-tandanya adalah bola mata yang tampak berwarna kuning dan tidak putih sebagai mana biasanya.

Untuk menyembuhkan penyakit ini diperiukan waktu yang cukup lama, dan penderitanya dianjurkan untuk banyak beristirahat. Sehingga dengan demikian si penderita tidak dapat bekerja sebagai-mana biasanya, sedangkan pengobatannya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
Karena itu apabila Anda termasuk orang yang berkantong tipis, maka obati saja dengan resep yang dapat Anda buat sendiri. Selain murah dan mudah, juga resep ini sudah terbukti kemajuannya.
Caranya:
- Petiklah beberapa lembar daun sukun yang sudah tua, lalu cuci hingga bersih.
- Setelah itu Anda rebus dengan air secukupnya sampai berwarna
merah tua.
- Bila sudah dingin, minumlah airnya. Lakukan setiap hari 2 kali, yaitu tiap pagi dan sore dengan dosis sekali minum 1 gelas.

16.Kista


Ovarium adalah salah satu organ reproduksi pada wanita yang berfungsi menghasilkan ovum ( sel telur ). Tempat pematangan sel telur juga terjadi di bagian ovarium. Ovarium mensekresikan hormon – hormon penting seperti estrogen dan progesteron yang berperan dalam pengaturan siklus menstruasi. Wanita mempunyai sepasang ovarium berupa kelenjar berbentuk biji buah kenari yang terletak di kanan dan kiri uterus (rahim), di bawah tuba uterina dan terikat di sebelah belakang oleh ligamentum latum uteri. Sepasang ovarium tersebut menghasilkan 300.000 sel telur. Sel telur yang dikelilingi oleh lapisan sel epiteloid granulosa disebut folikel. Dari hasil penelitian diketahui ada dua hormon yang penting untuk fungsi penuh ovarium yaitu FSH ( Follicle-Stimulating Hormone) dan LH ( Luteinizing Hormone).

Suatu tumor jinak dapat mengenai indung telur, berupa kantong yang berisi cairan berwarna coklat yang biasa disebut dengan kista indung telur. Kista indung telur biasanya tidak bersifat kanker. Bila kista tersebut masih kecil, biasanya tidak menimbulkan gejala apa-apa. Namun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk meyakinkan bahwa hal itu bukan kanker. Kista yang besar atau kista yang berjumlah banyak dapat menyebabkan perut wanita membuncit. Selain itu, hal itu juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada panggul, sakit pinggang dan rasa sakit saat berhubungan seksual.

Secara umum kista indung telur disebabkan oleh gangguan pembentukan hormon pada hipotalamus, hipofise dan indung telur itu sendiri. Kista indung telur dapat terbentuk kapan saja, antara masa pubertas sampai menopause, bahkan selama masa kehamilan.

Beberapa tipe umum kista indung telur adalah:

Kista folikel
Kista folikel timbul akibat dari folikel yang tidak berfungsi selama siklus menstruasi. Kista folikel berbentuk kecil sehingga biasanya tidak menimbulkan gejala apa-apa, kecuali jika pecah atau terpelintir, dapat menimbulkan gejala terasa kaku dan sakit hebat di daerah perut bagian bawah seperti serangan appendicitis (radang usus buntu) .

Kista lutein
Beberapa kista lutein sering terjadi saat kehamilan. Ada beberapa tipe kista lutein, diantaranya adalah:
a. Kista granulosa lutein
Kista granulosa lutein terjadi dalam korpus luteum indung telur yang fungsional. Kista ini bisa membesar, akibat dari penimbunan darah yang berlebihan saat fase perdarahan dari siklus menstruasi dan bukan akibat dari tumor. Kista ini timbul pada permulaan kehamilan dan diameternya bisa mencapai 5-6 cm yang menyebabkan rasa tidak enak di daerah panggul. Apabila pecah, terjadi pendarahan pada satu sisi rongga perut.

Pada wanita yang tidak hamil, kista ini akan membuat menstruasi terlambat yang diikuti dengan perdarahan yang tidak teratur.
b. Kista theca lutein
Kista theca lutein berisi cairan bening dan berwarna seperti jerami. Timbulnya kista theca lutein berkaitan dengan tumor indung telur dan terapi hormon.

Kista polisistik indung telur
Kista ini menyebabkan menurunnya siklus menstruasi dan terjadi ketidaksuburan (infertilitas, yaitu ketidakmampuan memiliki anak setelah hubungan seksual dengan teratur walaupun tidak menggunakan alat kontrasepsi dalam jangka waktu paling tidak selama satu tahun). Penyakit polisistik indung telur juga merupakan penyebab utama dari abnormalitas endokrin.
Pemeriksaan kista indung telur dilakukan berdasarkan gejala dan tanda-tandanya. Pemeriksaan fisik dan beberapa jenis pemeriksaan laboratorium dapat membantu diagnosis dari beberapa tipe kista. Untuk mengkonfirmasi tipe kista indung telur, dokter akan melihat indung telur melalui ultrasound, laparoskopi atau melaui operasi.

Pengobatan secara medis

Kista folikel
Kista ini tidak perlu diobati karena akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 60 hari. Tetapi harus tetap dikonsultasikan pada dokter.

Kista lutein
a. Kista granulosa lutein yang sering terjadi pada wanita hamil akan sembuh secara perlahan-lahan pada masa kehamilan semester ketiga, sehingga jarang dilakukan operasi.
b. Kista teka lutein akan menghilang secara spontan jika faktor penyebabnya telah dihilangkan.

Kista polisistik indung telur
Untuk kista yang persisten, operasi harus dilakukan untuk mengangkat kista tersebut agar tidak menimbulkan gangguan dan rasa sakit. Bagi wanita yang menjalani operasi kista indung telur, sebaiknya tidak melakukan hubungan seksual dalam masa penyembuhan.
Pengobatan secara tradisional juga bisa dilakukan dengan ramuan tanaman berkhasiat obat. Berikut ini beberapa contoh resep/ramuan tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi kista ovarium/indung telur.

60 gram temu putih segar + 15 gram sambiloto kering atau 30 gram yang segar, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, airnya diminum dua kali sehari, setiap kali minum 150 cc.

30 gram daun dewa segar + 50 gram temu mangga + 5 gram daging buah mahkota dewa kering, direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, disaring, airnya diminum untuk dua kali sehari, setiap kali minum 200 cc.

60 gram benalu yang hidup di pohon teh + 30 gram rumput mutiara atau rumput lidah ular kembang putih, direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, disaring, airnya diminum untuk dua kali sehari, setiap kali minum 200 cc.

17.Prostat


Kanker Prostat adalah suatu tumor ganas yang tumbuh di dalam kelenjar prostat. Penyakit ini biasa menyerang pria berusia diatas 50 tahun dan pada semua pria yang berusia diatas 90 tahun. Kanker prostat jarang ditemukan pada pria berusia kurang dari 40 tahun.Kanker prostat merupakan penyebab kematian akibat kanker no 3 pada pria dan merupakan penyebab utama kematian akibat kanker pada pria diatas 74 tahun. Penyebabnya tidak diketahui, meskipun beberapa penelitian telah menunjukkan adanya hubungan antara diet tinggi lemak dan peningkatan kadar hormon testosteron.

Gejala Kanker Prostat
Kebanyakan kanker prostat tidak menimbulkan gejala karena penyebarannya sangat lambat. Pada beberapa kasus, kanker prostat baru terdiagnosis setelah menyebar ke tulang (terutama tulang panggul, iga dan tulang belakang) atau ke ginjal (menyebabkan gagal ginjal). Kanker tulang menimbulkan nyeri dan tulang menjadi rapuh sehingga mudah mengalami fraktur (patah tulang).

Meski gejala dini tidak terlihat jelas, pada kebanyakan penderita kanker prostat sering ditemui beberapa tanda-tanda. Antara lain, biasanya air kencing masih menetes-netes, nyeri ketika kencing, nyeri ketika ejakulasi, nyeri punggung bagian bawah, nyeri ketika buang air besar, dan penurunan berat badan.
Dimana dalam manggis terdapat zat xantone, yang di ketahui sebagai zat anti peradangan paling kuat dan bisa menjadi antibiotik yang kuat juga.

Seperti kita ketahui , masalah umum pembesaran prostat di sebabkan sisa air seni yang tidak keluar secara sempurna.

Xamthone plus bekerja untuk memerangi penyakit kelenjar prostat dalam tiga cara.

1. sifat antibiotik manggis akan bekerja untuk mengurangi dan akhirnya menghilangkan infeksi dari sisa-sia air seni yang ada dalam tubuh.
2. Kedua, sifat anti-inflamasi pada xamthone plus bekerja untuk mengecilkan kelenjar yang membesar.
3. Zat xantone yang terdapat di Manggis memberikan dukungan total ke tubuh sehingga Anda dapat sembuh lebih cepat sekaligus mengurangi risiko infeksi kanker prostat kembali
4. Produk xamthone plus ada komposisi apel, dimana diketahui apel dan buncis juga punya khasiat mencegah kanker prostat karena kandungan senyawa aktif quacertin. Anjuran itu disampaikan para ahli dari Mayo Clinic yang dimuat dalam Jurnal Carcinogenesis.

Pada uji laboratorium, Nianzeng Xing, ahli kanker dari Departemen Urologi di Mayo Clinic, membuktikan bahwa quacertin, sanggup memblokir reseptor hormon pria (androgen) sehingga bisa mencegah kanker prostat.

Berbagai penelitian mengungkapkan, bahwa buah apel kaya serat, fitokimia, dan flavonoid. Zat flavonoid, berdasarkan kajian Institut Kanker Nasional Amerika Serikat, mampu menurunkan risiko kena penyakit kanker paru-paru sampai 50 persen

18.Jerawat


Banyak cara yang dilakukan oleh orang untuk mengobati jerawat yang tumbuh di wajahnya. Ada yang menggunakan pengobatan modern dan ada juga yg melakukan pengobatan tradisional. Untuk menggunakan pengobatan modern, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan, yaitu biaya dan efek samping dari pemakaian obat yang modern.

Kita juga bisa menggunakan cara tradisional untuk mennangani jerawat ini, disamping biaya yang irit, efek sampingnya pun tidak sebesar jika menggunakan obat-obatan modern.

Pengobatan jerawat secara tradisional ini menggunakan bahan alami yang mudah didapat dan dengan biaya yang relatiif terjangkau. Contoh pengobatan alternatif ini antara lain :

a. Temulawak
Temulawak 5 iris, daun mimba 7 lembar, dan pegagan 30 gram. Semua bahan direbus dengan 5 gelas air hingga tersisa menjadi 2 gelas. Hasil rebusan tersebut diminum 2 kali sehari masing-masing 2 gelas. Selama proses penyembuhan, penderita jerawat, hindari mengkonsumsi makanan berlemak, minyak hewani, santan, otak, telur, kacang tanah, jeroan dan makanan pedas.

b. Daun Sirih
Daun sirih sebanyak 5-10 lembar, kemudian direbus dengan 2 gelas air dalam wadah tertutup. Setelah mendidih, angkat dan diamkan hingga hangat-hangat kuku. Ramuan ini gunakan untuk mencuci muka berjerawat, sebaiknya dilakukan secara rutin menjelang tidur dan sehabis
bepergian.

c. Bawang Putih
Setengah siung bawang putih, seruas jari kunyit dan sebutir kentang ukuran sedang tambah mentimun dan lidah buaya. Semua bahan dihaluskan dan dicampur hingga rata. Ramuan ini dioleskan ke seluruh permukaan kulit berjerawat sebagai masker, biarkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat, disusul dengan air dingin.

d. Jeruk Nipis
Sebuah jeruk nipis diperas dan sebuah mentimun atau bengkuang, dihaluskan dan diperas diambil airnya, kemudian campurkan. Oleskan campuran bahan ke seluruh permukaan kulit wajah sebagai masker, biarkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan secara teratur 2 hari sekali. Jika jerawat terasa perih, pemakaian dihentikan.

e. Mengukudu
Buah mengkudu 2 buah dan 2 ruas jari gula batu dihaluskan (diblender) dengan segelas air (200 cc), kemudian saring dan rebus hingga mendidih. Ramuan diminum saat masih hangat setiap pagi satu jam sebelum makan. Ramuan ini akan membersihkan darah kotor. Darah kotor ini merupakan salah satu penyebab terjadinya jerawat.

f. Bunga Melati
Bunga melati sebanyak 20 kuntum, 2 jari asam jawa, 2 sdm sari jeruk nipis dan belerang sebesar kelereng, dicampur dan ditumbuk halus, kemudian oleskan pada kulit wajah berjerawat pada pagi dan malam hari sebelum tidur Ramuan ini dapat menyebabkan jerawat mengempis.

g. Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh 5 buah dan air garam secukupnya ditumbuk halus kemudian airnya dioleskan pada kulit yang berjerawat dua kali sehari pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

h. Mahkota Dewa
Buah mahkota dewa yang masih hijau diparut dan hasil parutannya langsung ditempelkan pada kulit wajah berjerawat sebagai masker.

19.Keputihan

Penyakit keputihan sering dialami oleh seorang wanita yang kurang bisa menjaga kebersihan kulit atau pakaian yang dikenakannya, sehingga menyebabkan tumbuhnya jamur yang bisa menyebabkan keputihan. Selain itu penyakit itu juga dapat disebabkan peradangan yang terjadi pada saluran rahim.
Penyakit di dtandai dengan :
- Keluarnya lendir dari kemaluan yang menyebarkan bau tidak sedap.
- Daerah sekitar kemaluan terasa gatal danselalu basah.

Adapun cara mengatasinya, dapat Anda gunakan obat tradsional berikut ini:
a. 5 lembar daun beluntas.
b. 3 ruas kunyit.
c. Gula aren (gula merah) secukupnya, dan
d. Asem tua.
Sedangkan cara membuat ramuannya:
1. Daun beluntas ditumbuk hingga halus, lalu dicampur dengan kunyit yang telah diparut. Kemudian peraslah untuk diambil airnya.
2. Setelah itu beri gula aren dan asam tua, dan diaduk hingga rata.
3. Saringlah airnya, kemudian minum setiap hari 1/2 gelas. Lakukan setiap hendak tidur. Insya Alloh penyakit keputihan Anda dapat lekas sembuh.


20.Sakit Kuning


Sakit kuning bisa disembuhkan dengan menggunakan bonggol bambu kuning, bonggol daun nanas muda (warnanya keputih-putihan) dan sedikit adat pulowaras. Pertama ketiganya ditumbuk sampai halus kemudian campurkan 1/2 gelas air. Remas-remas dulu kemudian saringlah dengan sehelai kain yang halus. Air perasan itu diminum di pagi, siang dan malam. Jika hal ini dilakukan dalam 1 bulan maka seluruh penyakit kuning akan lenyap.

Untuk membantu proses penyembuhan hendaknya penderita jangan banyak mengeluarkan tenaga. Misalnya olahraga yang berlebihan yang akan membuat lelah, disarankan sebaiknya penderita rebahan saja di kamar.

Sebagai pencegahan, apabila Anda sudah sembuh, maka minumlah setiap hari atau dua gelas air yang sudah dicampur dengan sirup. Maka akan kecil sekali kemungkinan penyakit ini kembuh lagi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar